Selasa, 13 Desember 2011

Sejarah Singkat SMK Negeri 1 Bantaeng (RSBI)

SMK Negeri 1 Bantaeng  sebelumnya bernama Sekolah Menengah Ekonomi Tingkat Atas (SMEA) Negeri 1 Bantaeng yang  berdiri pada tahun 1963 Filial dari SMEA 2 Makassar yang masih bergabung dengan Sekolah Menengah Ekonomi Tingkat Pertama (SMEP) dengan Kepala Sekolah adalah Bapak Karel,dengan 2 jurusan yaitu (1) jurusan tata niaga dan (2) jurusan tata buku dan pada tahun 1969 sekolah ini resmi berstatus Negeri dengan SK: 134/UKK/13/69 Tanggal: 8 Desember 1969 oleh Ka. Kanwil Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan dengan Kepala Sekolah Bapak Alimuddin Paduai, BA kemudian Bapak Aziz Karim kemudian Bapak Drs. H. Muhajir. SMEA Negeri 1 Bantaeng  berubah nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan  (SMK) Negeri 1 Bantaeng dan selanjutnya    dinakodai    oleh Bapak Drs. Gunawan Setijo Purnomo, MM, kemudian Bapak Drs. H. Syahrir H. Kemudian Bapak Drs. Samsud Samad, MM.
Selanjutnya  seiring dengan animo masyarakat serta perkembangannnya maka pada tahun 2006, SMK Negeri 1 Bantaeng membina 5 (lima) Kompetensi Keahlian yakni:
1.     Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
2.     Kompetensi Keahlian Akuntansi
3.     Kompetensi Keahlian Pemasaran
4.     Kompetensi Keahlian Busana Butik
5.     Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
 Sebagai salah satu Sekolah Rintisan Sekolah Berstandar Internasional ( RSBI ) yang selalu mengutamakan mutu, SMK Negeri 1 Bantaeng dalam melaksanakan aktivitas belajar mengajar dan praktek selalu berdasarkan standar-standar yang berlaku sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku dan dilaksanakan oleh personil-personil  yang berkualifikasi pada bidang pekerjaannya.
 SMK Negeri 1 Bantaeng menempatkan sumber daya manusia sebagai manusia-manusia  yang sangat berharga bagi Dunia Usaha dan Industri (DU/DI) serta Instansi Pemerintah sehingga   selalu   mengupayakan pengembangannya melalui  pelatihan-pelatihan baik yang dilaksanakan secara internal  maupun eksternal Yaitu Program pembelajaran di Sekolah dan Program Praktik Industri di DU/DI dan Instansi Pemerintah yang terkait.
 Perjalanan Panjang dari SMK Negeri 1 Bantaeng yang didirikan sejak Tahun 1969 dengan status Negeri, Akhirnya pada tahun 2009/20010 atas kemauan dan kerja keras semua pihak, hingga saat ini SMK Negeri 1 Bantaeng masuk RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional dan sedang  menerapkan Sistim Menejemen Mutu ISO 9001 : Versi 2008 untuk mendapatkan pengakuan Sertfikasi ISO tersebut.
              Adapun dalam operasionalnnya SMK Negeri 1 Bantaeng telah mendapat Berbagai bantuan dari Pemerintah khususnya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrga Kabupaten Bantaeng, Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Selatan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, serta  Orang Tua Siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar